Minggu, 19 Oktober 2008

Sang Pemuja Cinta dari Timur

Penulis : Afandi M.
Gendre : Biografi

Kahlil Gibran lahir di Beshari, Lebanon, 6 Januari 1833. Pada usia 10 tahun ia berimigrasi ke Amerika bersama ibu dan kedua adik perempuannya. Sempat kembali ke tanah kelahirannya selama tiga tahun untuk memperdalam bahasa Arab, kahlil Gibran menghabiskan masa remajanya bersama seniman bohemian di Boston. Ia juga pernah tinggal di Paris selama setahun untuk berguru seni rupa pada beberapa seniman Perancis. Pulang dari Paris ia pindah ke New York dan menetap di kota ini sampai akhir hayatnya.

Gibran lahir ke dunia untuk menyuarakan jerit-jeritan rakyat kecil yang tertindas, pedih-perih kaum urban yang terpinggirkan, dan pemuja cinta yang tak sampai. Nyanyian cintanya yang duka, menjadi simphoni yang indah dan sejuk. Dalm karya-karyanya, ia melukiskan akan jati dirinya.



Gibran menulis drama pertamanya di Paris dari tahun 1901 hingga 1902. Tatkala itu usianya menginjak 20 tahun. Karya pertamanya, "Spirits Rebellious" ditulis di Boston dan diterbitkan di New York City, yang berisi empat cerita kontemporer sebagai sindiran keras yang menyerang orang-orang korup yang dilihatnya. Akibatnya, Gibran menerima hukuman berupa pengucilan dari gereja Maronit. Akan tetapi, sindiran-sindiran Gibran itu tiba-tiba dianggap sebagai harapan dan suara pembebasan bagi kaum tertindas di Asia Barat.

Kisah cinta Gibran benar-benar berpengaruh besar dalam setiap karyanya. Sebelum karyanya yang berjudul "Sang Nabi" terbit, hubungan dekat antara Mary dan Gibran mulai tidak jelas. Mary dilamar Florance Minis, seorang pengusaha kaya dari Georgia. Ia menawarkan pada Mary sebuah kehidupan mewah dan mendesaknya agar melepaskan tanggung jawab pendidikannya. Walau hubungan Mary dan Gibran pada mulanya diwarnai dengan berbagai pertimbangan dan diskusi mengenai kemungkinan pernikahan mereka, namun pada dasarnya prinsip-prinsip Mary selama ini banyak yang berbeda dengan Gibran. Ketidaksabaran mereka dalam membina hubungan dekat dan penolakan mereka terhadap ikatan perkawinan dengan jelas telah merasuk ke dalam hubungan tersebut. Akhirnya Mary menerima Florance Minis.

Tulisan-tulisan Gibran dikenal luas karena cita rasa orientalnya yang eksotik, bahkan mistis. Dianggap sebagai penyair Arab perantauan terbesar.

Karya-karyanya ini telah diterjemahkan ke dalam lebih 20 bahasa. Kahlil Gibran meninggal di New York tahun 1931. Seorang pelayat pada prosesi pemakaman Gibran menggambarkan sebagian dari isi buku ini sebagai melampaui imajinasi.

Ratusan pendeta dan para pemimpin agama, yang mewakili setiap aliran di bawah langit Timur, tertunduk khidmat dalam acara pemakaman itu. Mereka berasal dari Kristen, Maronit, Islam Syi’ah dan Sunni, Protestan, Gereja Yunani Kuno, Yahudi, Druz, dan lain-lain.

Pada tanggal 10 April 1931 jam 11.00 malam, Gibran meninggal dunia. Tubuhnya memang telah lama digerogoti sirosis hepatis dan tuberkulosis, tapi selama ini ia menolak untuk dirawat di rumah sakit. Pada pagi hari terakhir itu, dia dibawa ke St. Vincent's Hospital di Greenwich Village.

Hari berikutnya Marianna mengirim telegram ke Mary di Savannah untuk mengabarkan kematian penyair ini. Meskipun harus merawat suaminya yang saat itu juga menderita sakit, Mary tetap menyempatkan diri untuk melayat Gibran.

Jenazah Gibran kemudian dikebumikan tanggal 21 Agustus di Mar Sarkis, sebuah biara Karmelit di mana Gibran pernah melakukan ibadah.

Sepeninggal Gibran, Barbara Young (penggemar Gibran) yang mengetahui seluk-beluk studio, warisan, dan tanah peninggalan Gibran. Juga secarik kertas yang bertuliskan, "Di dalam hatiku masih ada sedikit keinginan untuk membantu dunia Timur, karena ia telah banyak sekali membantuku."

Selamat Jalan Sang Maestro Timur! Kau adalah penyemangat dalam setiap karyaku.

Sebagian karya-karya Kahlil Gibran:

• Broken Wings (1912)
• The Madman (sebelum tahun 1918)
• His Parables and Poems (sebelum tahun 1918)
• Twenty Drawning (1919)
• The Forerunne (1920)
• Sang Nabi (1923)
• Sand and Foam (1926)
• Jesus the Son of Man (1928)
• Lazarus (1929)
• The Earth Gods (1931)
• The Wanderer (1932)
• The Garden of the Propeth

Foto Gibran saat anak-anak :




disadur dari : id.wikipedia.org
foto : id.wikipedia.org

1 komentar:

@dewikhami mengatakan...

hooo??

hooo??

cintacintaan bersama kahlil gibran?