Kamis, 14 April 2011

Kisah Bulan dan Matahari

"Hei, Bulan, kenapa kau dulu sangat membutuhkanku?"

"Aku tidak tahu, Matahari. Mungkin dulu kau segalanya bagiku, selalu memberiku cahaya sehingga membuatku ikut bersinar."

"Lalu, bagaimana sekarang? Apa cahayaku masih melingkupimu?"

"Em... kalau itu, jujur, aku bingung menjawabnya."

"Kenapa?"

"Aku merasa cahayamu tak seperti dulu lagi."

"Maksudmu, kau sudah tak membutuhkanku lagi?"

"Bukan begitu. Aku masih membutuhkanmu, tapi mungkin tak seperti dulu lagi."

"Kau mengkhianatiku."

"Bukan, aku tidak mengkhianatimu, tetapi mungkin, kau telah mengkhianati dirimu sendiri."

"Aku benar-benar tak mengerti kata-katamu sama sekali."


"Matahari, apa kau tidak sadar, kau bukan hanya menyinariku, tapi juga menyinari seluruh galaksi ini. Itu berarti cahayamu bukan berarti untukku, tapi juga untuk segala sesuatu yang mengelilingimu. Mereka juga membutuhkanmu. Mereka membutuhkan cahaya yang kau pancarkan."

"Lalu apa yang harus aku lakukan untuk memperbaikinya---kau dan aku?"

"Tidak ada. Kau tidak perlu memperbaiki apa pun. Sebab tanpamu, galaksi ini akan binasa."

"Lalu, Bulan, bagaimana denganmu?"

"Aku akan berusaha bertahan hanya dengan bermodalkan sisa sinar yang kudapatkan darimu. Bagiku, itu sudah cukup. Meskipun nyatanya suatu saat aku tak mampu lagi dan padam, setidaknya, hanya satu yang akan bersedih karena kehilanganku.Jadi konsekuensinya tidak sebegitu besar jika dibandingkan seluruh galakasi ini kehilangan dirimu."

"Aku minta maaf."

"Jangan, tidak perlu minta maaf. Itu memang sudah takdirku. Kau harus lebih memperhatikan mereka semua. Kau harus berbaur dan lebih mengenal sekelilingmu."

"Sekali lagi, aku minta maaf karena telah mengecewakanmu, Bulan. Aku telah mengecewakan kau yang dari dulu menemaniku. Kau yang selalu mendengar keluh kesahku akan alam semesta ini, dan rutin meringankan kepenatanku akan setiap rutinitas yang kulakukan. Bulan, kau juga sepertinya tidak menyadari, bahwa sesungguhnya, kaulah yang betul-betul berharga. Kaulah yang membuatku bertahan hingga kini. kaulah yang sebenarnya menyelamatkan galaksi ini."


===
Note: 
Setiap cerita bisa diambil dan diartikan dari berbagai segi dan persepsi, baik itu: psikologi, kehidupan, cinta, dan lain-lain. Sekarang tergantung Anda mau melihatnya dari segi  yang mana ... 

Tidak ada komentar: